Buku: Analisis Situasi Hak Anak untuk Isu-isu Tertentu

posted in: Buku, Publikasi | 0

 

Cover Buku Analisis Situasi Hak Anak

 

Buku ini merupakan salah satu hasil Proyek Rintisan Penyusunan Instrumen pemantauan dan Pemantauan pelaksanaan Konvensi Hak-hak Anak untuk Isu-isu Tertentu. Proyek ini dilaksanakan oleh Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) yang didukung oleh Save the Children dan didedikasikan untuk Koalisi Organisasi Non Pemerintah untuk pemantauan Hak Anak. Pelaksanaan proyek melibatkan tujuh (7) lembaga, yakni Yayasan KKSP (Medan), Yayasan KAKAK (Solo), SARI (Solo), Yayasan Setara (Semarang), YLPS Humana (Yogyakarta), LAHA (Bandung) dan SAMIN sendiri.

Buku ini disusun berdasarkan hasil pemantauan dari lembaga-lembaga yang terlibat dengan menggunakan instrumen pemantauan yang dikembangkan dalam proyek tersebut. Ada lima (5) isu, yaitu Anak yang Berkonflik dengan Hukum (AKH), Perdagangan Anak, Buruh Anak, Hak Anak atas Pendidikan dan Hak Anak atas Kesehatan dan Kesejahteraan Dasar.

Pada bagian Anak yang Berkonflik dengan Hukum, dibahas tentang berbagia problematika AKH di Indonesia, seperti istilah atau definisi, soal usia pertanggungjawaban pidana, hak asuh anak, dan hak untuk didengarkan pandangannya dalam proses peradilan.

Pada bagian kedua tentang anak korban perdagangan manusia, dibahas tentang peraturan yang terkait dan studi kasus yang menunjukkan korban belum menerima pelayanan secara maksimal.

Pada bagian Buruh Anak, berbagai macam peraturan pemerintah dinilai belum sinkron untuk mengatasi anak-anak yang dipekerjakan.

Pada bagian hak anak atas pendidikan, penulis meriviu kewajiban-kewajiban pemerintah dalam memenuhi hak anak atas pendidikan.

Pada bagian Hak Anak atas kesehatan, penulis menyimpulkan bahwa aspek standar kesehatan dasar dalam beberapa tahun terakhir (hingga tahun 2009) masih memprihatinkan.

Buku ini penting bagi para pemerhati dan aktivis yang bekerja untuk isu hak-hak anak, dan diharapkan dapat menginspirasi.

 

Data Buku:

Judul: Analisis Situasi Hak Anak untuk Isu-isu Tertentu

Penulis: Distia Aviandari, Nining S. Muktamar, Muhammad Jailani, Moch. Riza Zaenal Abidin, Medda Maya Pravita

Tahun terbit: 2010

Penerbit: Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia, Save the Children dan national NGO Coalition for Child Rights Monitoring

Untuk mengunduh buku tersebut, dapat Klik di SINI

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *