Buku: Erupsi Merapi Lahirkan Inspirasi dan Aspirasi

posted in: Buku, Publikasi | 0

sampul-lereng-merapi_small

Erupsi Merapi, lahirkan inspirasi dan aspirasi, demikian judul buku yang berisi himpunan karya anak-anak di berbagai desa di seputar lereng Merapi.Karya ini dihasilkan selama berproses dengan Tim Kemanusiaan Merdeka (TKM) Yayasan SAMIN, yang bekerja merespon bencana letusan Merapi pada akhir tahun 2010.

TKM SAMIN sudah bekerja secara langsung bersama anak-anak sejak tanggal 28 Oktober 2010 atau dua hari sesudah letusan pertama Merapi pada tanggal 26 Oktober 2010. Kegiatan berlangsung selama empat bulan, dengan melibatkan total relawan berjumlah 43 orang (25 laki-laki dan 18 perempuan).

Rangkaian kegiatan yang direncanakan sesungguhnya hanya ingin memfokuskan pada upaya pemulihan psiko-sosial anak-anak korban Merapi dan memfasilitasi kebutuhan makanan tambahan. Namun bantuan berbagai barang yang diterima tidak juga bisa ditolak untuk didistribusikan kepada yang berhak. Tercatat ada 89 posko pengungsian yang menjadi tempat distribusi barang-barang bantuan tersebut.

Pada pemberian makanan tambahan tercatat 2,747 anak (1376 laki-laki dan 1371 perempuan) yang menjangkau 20 posko pengungsian di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten.

Buku ini secara umum terbagi ke dalam dua bagian, yaitu himpunan karya anak yang diberi judul ”Suara-suara Anak dalam Karya” dan ”Bersama Anak-anak Lereng Merapi: yang merupakan tulisan pengalaman atas kegiatan-kegiatan TKM SAMIN. Bagian-bagian berikutnya merupakan kelengkapan dari buku ini seperti kesan-pesan para relawan dan foto-foto berbagai kegiatan yang dilangsungkan bersama anak.

Himpunan karya anak, diseleksi dan dipilah berdasarkan tema. Tema yang diangkat oleh anak dalam bentuk tulisan dan gambar adalah pandangan anak terhadap Merapi, pengalaman anak saat mengungsi, bantuan-bantuan yang diterima dalam pengungsian, proses kembali dari pengungsian, kehidupan keluarga, Situasi di sekolah, harapan dan cita-cita anak, serta pandangan anak terhadap keberadaan TKM SAMIN.

Isi tulisan tidak hanya menceritakan secara kronologis situasinya, melainkan juga memunculkan pandangan-pandangan anak atas situasi yang tengah mereka hadapi. Karena itulah, tidak berlebihan bila buku ini diberi judul tentang inspirasi dan aspirasi.

(Odi Shalahuddin)

Data Buku:

Judul : Erupsi Merapi Lahirkan Inspirasi dan Aspirasi

Penyunting: Fathuddin Muchtar & Odi Shalahuddin

Tahun Terbit: 2011

Penerbit: Yayasan SAMIN – WVI

Untuk mendapatkan ebook buku ini dapat klik di SINI

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *