Buku Panduan Penyidikan Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum

posted in: Buku, Publikasi | 0

penyidikan Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum

Buku ini diterbitkan dengan harapan sebagai buku pegangan bagi penyidik dalam melakukan penyidikan terhadap anak. Penyusunan dan penerbitan buku ini didasarkan atas kebutuhan yang mengemuka saat SAMIN dan Yayasan Setara melakukan program penanganan dan advokasi anak yang berkonflik dengan hukum pada periode 2005-2007, khususnya saat bekerjasama dengan Polda DIY dan Kapowiltabes Semarang.

Pada tahun 2006, diselenggarakan Training Penyidik Anak dengan peserta  perwakilan dari Polres-polres, yang dilanjutkan dengan pelatihan serupa di tingkat polres dengan melibatkan perwakilan dari seluruh polsek. Pada masa pelatihan itulah kebutuhan adanya buku panduan diusulkan oleh para peserta.

Isi buku berisi prosedur pada saat pemanggilan, penangkapan, pemeriksaan BAP dan penahanan, serta kewenangan melakukan diversi, dengan mengacu pada ketentuan-ketentuan yang terumuskan dalam Konvensi hak Anak, Undang-undang no. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana, Undang-undang Nomor 23 tahun 1997 tentang perlindungan Anak, dan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak. (Odi Shalahuddin)

DATA BUKU

Judul: Buku Panduan Penyidikan Terhadap Anak yang Berkonflik dengan Hukum

Penulis: AKBP Agus Rohmat, SIK., SH. M.Hum, Kompol Veronica Endang Susanti, SH, Odi Shalahuddin, Fathuddin Muchtar, Bagus Y. Wicaksono, Hening Budiyawati, Yoyok Laksono

Editor: Fathuddin Muchtar

Tahun Terbit: 2007

Penerbit: Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) – Yayasan Setara Semarang – Polda DIY – Polwiltabes Semarang

___________________

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *