Membangun Jaringan Perlindungan Anak Di Tingkat Komunitas

posted in: Publikasi | 0

Penyusun:
Odi Shalahuddin
Arief Winarko
Suranto
Sri Sulandari

Setting/Layout/Desain Cover:
Yadi de Wiryo

Ilustrasi Gambar:
Karya Kolektif Anak Setara
Karya Kolektif Anak TAN 2008

Diterbitkan oleh:
Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN)

Didukung oleh:
Terre des Hommes Netherlands

Buku “Membangun Jaringan perlindungan Anak di Tingkat Komunitas” dimaksudkan sebagai media berbagi pengalaman atas upaya membangun semangat kolektif di dalam perlindungan anak terutama di tingkat basis/komunitas melalui Jaringan Perlindungan Anak (JPA) yang telah dirintis oleh Indonesia ACT sejak tahun 2005. Tentu saja, apa yang terkandung di dalam kedua buku tersebut bukanlah bersifat final. Praktek-praktek yang
dilakukan dapat lebih dikembangkan secara lebih baik dan dapat menjadi bahan bagi penyempurnaan panduan ini di masa depan.

Indonesia ACT menyadari bukanlah satu-satunya organisasi yang mengembangkan upaya perlindungan anak di tingkat basis. Berbagai organisasi internasional, nasional dan lokal diketahui telah mengembangkan upaya Perlindungan Anak Berbasis Komunitas. Diantaranya, tanpa mengabaikan organisasi lain adalah yang telah dikembangkan oleh Plan Indonesia dan WVI.

Buku ini, diharapkan dapat menginspirasi dan menumbuhkan kepedulian berbagai pihak untuk mulai merintis upaya perlindungan anak di lingkungan sekitarnya. Terima kasih kami ucapkan kepada Terre des Hommes Netherlands yang selama ini senantiasa memberikan dukungan sehingga program-program Indonesia ACT dapat terus berlangsung, kepada para anggota Indonesia ACT yang telah berbagi pengalaman dan menjadi dasar bagi penyusunan buku ini, dan juga kepada penyusun sehingga pengalaman kami dapat terdiseminasikan kepada berbagai pihak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *