Satgas PPA Desa Purwomartani Belajar Media Sosial

posted in: Kampanye | 0

Sleman. Sebanyak 40 orang kader Satuan Petugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) desa Purwomartani Kalasan Sleman mengikuti penguatan dan pembinaaan terkait penggunaan media sosial bagi anak oleh Yayasan SAMIN Yogyakarta.

Kegiatan penguatan dan pembinaan merupakan salah satu agenda desa yang diberikan kepada kader dari PKK, bidan desa, dukuh, Rt, karang taruna, bhabinsa, bhabinkamtibmas dan pamong desa.

Di Desa Purwomartani hampir sebagian besar anak usia sekolah memiliki gawai yang diberikan oleh orangtuanya, namun banyak pula orangtua yang tidak mengetahui tentang penggunaan media sosial anak dengan alasan tidak dapat mengoperasikan alat komunikasinya. Masalah-masalah seperti inilah yang diulas oleh Arief Winarko, salah satu narasumber penguatan satgas ppa.

μ

“Saat ini yang perlu didorong adalah, bagaimana disetiap keluarga terjalin komunikasi yang baik. Orangtua memegang peranan penting di dalam pengasuhan anak. Termasuk mengontrol alat gawainya. Jika semua berjalan maka anak pun akan memiliki sosok atau figur yang akan melindungi anak-anaknya,” ujarnya.

Sementara itu Dwi, kasi pelayanan desa Purwomartani, menjelaskan, adanya gawai bisa membuat baik dan dapat menjerumuskan anak kedalam hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu pembinaan dari Yayasan Samin terkait media sosial sangat penting.

Dari kegiatan ini, kader satgas memiliki kepekaan terhadap situasi anak baik dikeluarga maupun masyarakat. Dan memberikan ruang partisipasi kepada anak dalam rangka anak peduli terhadap lingkunganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *