Satgas PPA Desa Wedomartani Sleman Sosialisasikan PATBM kepada Padukuhan

posted in: KLA, PATBM | 0

Sleman. Meskipun setiap anak membutuhkan perlakuan kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya dan orang dewasa di sekitarnya, namun dari sebagian mereka pun mendapatkan perlakuan yang kurang tepat dan tidak manusiawi seperti diskriminasi, kekerasan bahkan masih banyak anak yang ditelantarkan.

Melihat situasi tersebut, Desa Wedomartani Ngemplak-Sleman bersama Satuan Petugas Perlindungan Perempuan dan Anak (Satgas PPA) mengadakan penguatan kader dengan sosialisasi ke beberapa padukuhan di desa Wedomartani.

Kasi Pelayanan Desa, Mujiburrohman, menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari program tindak lanjut dari DP3AP2KB Sleman atas pembentukan Satgas PPA dan Gugus Tugas, maka kelanjutannya desa menganggarkan sendiri melalui anggaran dana desa untuk program penguatan Satgas PPA yang dilaksanakan akhir Februari hingga Maret 2019 dengan didampingi oleh Yayasan Samin dan LKKS untuk memberikan penguatan dan diskusi kepada padukan yang akan dijadikan kegiatan.

Dengan perlindungan anak yang menyeluruh di tingkat padukuhan, maka menjadi kebutuhan bersama untuk menghormati dan menjamin hak asasi setiap anak tanpa memandang suku, agama, ras, golongan, jenis kelamin, budaya dan bahasa, status hukum anak serta kondisi fisik menjadi kewajiban bagi pemerintah, lembaga dan pihak swasta terlibat didalam menjamin perlindungan, kesejahteraan anak.

Kegiatan penguatan oleh Satgas PPA ini dilaksanakan di 7 Padukuhan: Gendongan Lor, Demangan, Sawahan Kidul, Tonggalan, Sawahan Lor, Saren dan Babadan.

Dari kegiatan ini, masyarakat yang bersinergi dalam gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dapat memahami pentingnya melindungi anak, dan merespon jika ada persoalan terkait dengan anak. (red-Samin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *