PROGRAM/PROYEK YANG TELAH DILAKUKAN 5 TAHUN TERAKHIR

  1. Program Peduli kerjasama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Pemerintah Australia melalui DFAT dan AusAiD dan The Asia Foundation (2015 – 2020) dengan nama program:
    a. Januari 2015 – Desember 2016: Program PNPM Peduli Fase II “Inklusi Sosial bagi Anak dan Remaja Rentan” di sembilan wilayah di Indonesia bekerjasama dengan CSO lokal yaitu: KKSP Medan Provinsi Sumatera Utara, Gapemasda – Sambas Provinsi Kalimantan Barat, Yayasan Bahtera – Bandung Provinsi Jawa Barat, LAHA – Bandung Provinsi Jawa Barat, KAP Indoensia – Bandung Provinsi Jawa Barat, Semak – Garut Provinsi Jawa Barat, CCC – Bandar Lampung Provinsi Lampung dan Yayasan Pusaka – Medan Provinsi Sumatera Utara. Progam ini fokus pada isu: Anak jalanan, Anak yang Dilacurkan, Buruh Anak di Perkebunan Kelapa Sawit, Anak di Lembaga Pemasyarakatan dan Anak Buruh Migran.

b. April 2017 – Oktober 2020 : Program Inklusi Sosial Bagi Anak Korban Ekploitasi Seksual Komersial di lima wilayah di Indonesia bekerjasama dengan CSO lokal yaitu: YKPM Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Yayasan Hotline Surbaya Provinsi Jawa Timur, KAP Indonesia Bandung Provinsi Jawa Barat, Yayasan Semak Garut Provinsi Jawa Barat dan CCC Bandar Lampung Provinsi Lampung.

  1. Kementerian Ketenagakaerjaan RI tahun 2019: “Pengurangan Pekerja Anak Melalui Peran Serta Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Klaten, Kabupaten Magelang dan Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah.
  2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2017 – 2018: Pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang di Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul Provinsi DI. Yogyakarta.
  3. TdH Netherland tahun 2016: Reducing Sexual Exploitation Child Online (SECO) and SECTT (Sexual Exploitation of Children in Travel and Tourism) di wilayah Kabupate Bantul, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kota Solo, Kota Semarang Kota Bandung, dan Kota Mataram.
  4. Indonesia Againt Child Trafficking tahun 2016: “Protecting the Rights of Victim of Trafficking and Other Children di wilayah Kabupaten Bantul Provinsi DI. Yogyakarta.
  5. Plan Internasional Indonesia tahun 2015 – 2016: Perlindungan Anak Berbasis Komunitas dan Pencegahan Pernikahan Usia Anak di 30 desa di Kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah.
  6. Kegiatan-kegiatan rutin bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi DIY dalam rangka Pembentukan dan Penguatan Forum Anak Desa, Kecamatan dan Kabupaten, Pembentukan Satgas PPA Desa, Penguatan Kabupaten/Kota Layak Anak, Pelatihan KHA bagi Desa dan Forum Anak, Pelatihan Pencegahan Prostitusi Online dan Pariwisata Seks Anak dan Peer Educator Pencegahan Prostitusi Online.
  7. Pendampingan kasus-kasus kekerasan anak yang terjadi di wilayah Provinsi DIY.

MITRA PEMERINTAH

  1. Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia
  2. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia
  3. Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia
  4. Kementerian Sosial Republik Indonesia
  5. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi DI. Yogyakarta
  6. Dinas Perlindungan Anak Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta

MITRA NON PEMERINTAH

  1. The Asia Foundation
  2. ECPAT International
  3. Plan Internasional

KONSULTASI YANG DILAKUKAN

  1. Fasilitator untuk pelatihan/workshop tentang hak anak
  2. Fasilitator untuk pelatihan pemgembangan guru dan sekolah ramah anak
  3. Fasilitasi pembentukan forum anak tingkat desa dan kabupaten/kota
  4. Konsultan penyusunan Raperda Perlindungan Anak