TENTANG SAMIN

 

Yayasan Sekretariat Anak Merdeka Indonesia (SAMIN) adalah organisasi Non-Pemerintah (ornop) atau lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerja untuk isu-isu (hak-hak anak) dan didirikan pada tanggal 20 Mei 1987 oleh lima (5) orang pendiri, yakni : Bambang Adya Yatmaka, Mohammad Farid, Noegroho PH, Raden Ngabehi Santoso Soewandi dan Susiawan.

Pada tahun 2014, telah dilakukan perubahan organisasi yang disesuaikan dengan undang-undang Yayasan yang dicatatkan ke Notaris Sri Mardina, SH pada tanggal 5 Desember 2014, dengan Akta Notars Nomor 03 dan mendapatkan pengesahan pendirian Badan Hukum dari Mentri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, dengan nomor : AHU-10695.50.10.2014, tertanggal 16 Desember 2014.

 

Visi

Menciptakan Hak-hak Anak di hormati, dilindungi dan dipenuhi dalam lingkungan sosial budaya yang memungkinkan di mana mekanisme Negara efektif dikembangkan untuk menangani hak-hak semua anak sebagaimana di atur dalam Konvensi Hak Anak dan Hak Asasi Manusia.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan program-program penghormatan, perlindungan dan atau pemenuhan hak asasi manusia khususnya hak-hak anak.
  2. Melakukan advokasi kebijakan dan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang sejalan dengan maksud dan tujuan Yayasan.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan latihan, serta melakukan kampanye untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pengertian dan nilai-nilai hak-hak asasi manusia, serta hak-hak anak acara khusus.
  4. Mengadakan studi dan penelitian mengenai masalah-masalah hak-hak manusia yang menjalani prioritas sasaran dalam arti luas yang berkaitan dengan masalah-masalah sosial, politik, ekonomi dan budaya.
  5. Memberikan dukungan dan mengadakan kerjasama dengan badan-badan Pemerintah maupun non pemerintah di dalam negeri serta dengan lembaga-lembaga internasional non-pemerintah di luar negeri.